SUWAR SUWER | Jajanan Khas Jember


Berkunjung ke kota Jember, belum lengkap rasanya kalo tidak mencicipi SUWAR SUWER (jajanan khas Jember) yang sudah terkenal sejak tempo doeloe….

Bentuknya sih gak jauh  beda dengan dengan kue dodol, kotal persegi, cuma yang me mbedakan suwar suwer dengan dodol adalah dodol relatif lembek sedangkan suwar suwir padat.

Pertama kali waktu kita menggigit suwar suwer adalah rasa tape yang khas, kadang ditambah rasa durian, sirsak, dan kacang ijo… komplet pool masalah rasa yang ditawarkan.

Penasaran dengan suwar suwer, akhirnya saya surfing melalui jasa mbah Google, dan akhirnya saya menemukan sebuah tulisan menarik disebuat blog (http://tokobipangjangkar.wordpress.com/2009/02/19/suwar-suwir-jember/) yang menjelaskan sejarah dari suwar suwir yang manis dan legit itu, kira-kira begini cerita singkatnya :

” Suwar Suwir adalah dodol tape khas Jember dengan bahan dasar tape singkong dan gula. Camilan ini sudah ada sejak zaman Belanda. Awalnya dibuat karena banyaknya sisa produk tape singkong. Zaman dulu suwar-suwir dibuat dengan campuran buah sirsat. Saat ini  suwar suwir mulai dikembangkan dengan berbagai rasa, seperti nangka, nanas, durian, coklat, kelapa muda, kacang hijau. Rasanya? Manis dan legit. “

 

Proses Pembuatan Suwar Suwer

Nah betulkan apa yang saya katakan diatas, dari pertama digigit sudah terasa betul kalo bahan dasar suwar suwer adalah TAPE SINGKONG yang banyak diproduksi di kota Jember, Jawa Timur.

Penasaran dengan SUWAR SUWER, silahkan berkunjung ke Jember, datangi outlet-outlet oleh-oleh khas Jember, Borong tuh semua suwar suwernya, heheheheh….

Selamat Berkunjung ke Jember

Mumpung ada perhelatan tahunan BULAN BERKUNJUNG KE JEMBER (BBJ) 2011

5 thoughts on “SUWAR SUWER | Jajanan Khas Jember

    • kwkwkwk… mbantu pemerintah jember aku mbak… ben jember iso entuk pagerank tinggi… minimal 1000 visitor datang ke jember per hari…. trima kasih berkunjungnya… sering2 berkunjung ya mbak… xixixixi

    • saya sendiri kurang tahu, sudah saya googling juga tidak ada, datang langsung ke sentra pembuatannya katanya sudah dari mbah buyut, tidak menyebutkan nama.. mungkin mbak anggun, atau yang lain punya referensi mengenai siapa penggagas suwar suwir, monggo dipersilahkan corat-coret demi penambahan pengetahuan kita bersama, terima kasih sudah mampir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s