Apa Kabarmu Guru Tidak Tetap (GTT)


Rasanya bosan membahas tentang pendataan Guru/kartayan pendidikan (GTT) di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Jember. Sepertinya masalah GTT hanya lari di tempat, GTT dipacu dan diharuskan berpendidikan tinggi, toh nyatanya tidak perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten Jember. Tidak adanya jaminan masa depan bagi GTT dan ketidak jelasan status mereka membuat sebagian GTT yang sudah berumur di atas 40 tahun dengan masa pengabdian diatas 20 tahun  tetapi belum juga diangkat, membuat pilu Potret GTT di Kabupaten Jember.

Sebenarnya ada tidak sih Payung hukum yang menjamin masa depan para relawan tanpa tanda jasa ini?????

Sengaja saya memilih istilah “Relawan Tanpa Tanda Jasa” karena memang kenyataannya honor yang GTT terima saat ini sangat jauh di bawah  UMR, kenapa kalo buruh ada UU Buruh yang mewajibkan perusahaan membayar buruh sesuai dengan UMR, tetapi kenapa untuk GTT tidak demikian toh sekarang Lembaga-lembaga penyelenggara pendidikan banyak mendapatkan kucuran dana bantuan dari Pemerintah semisal BOS (Bantuan Operasional Sekolah).

Kalau Guru yang sudah statusnya PNS sih sudah gak jadi masalah, mereka sudah dapat gaji penuh PLUS tunjangan profesi yang katanya sih sebesar gaji pokok, artinya mereka (Guru PNS) bida mendapatkan GAJI double.

Kadang Aneh juga kebijakan pemerintah ini kalo dipikir-pikir, pemerintah memberikan gaji double pada Guru PNS, tapi banyak GTT yang belum diangkat dan statusnya gak jelas… (sekedar saran) apa gak sebaiknya dana anggaran untuk Tunjangan Profesi Guru PNS tadi buat ngangkat Guru GTT, biar ada pemerataan sosial (sila ke 5 Pancasila : Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia).

Karena kenyataannya, Guru yang sudah mendapatkan tunjangan profesional toh kerjanya masih kalah pateng dengan guru GTT (tidak semua), tidak percaya silahkan turun dan cek sendiri di lapangan. tapi dengan catatan tanpa ada acara  protokoler sebelumnya alias sidak tanpa pemberitahuan.

Guru GTT nasibmu sungguh tak beruntung… Mendapat Tunjangan Fungsional pun gak tentu, tunjangan intensif sekarang entah kemana ….

ADA APA dengan mu Guru GTT  sang Relawan Tanpa Tanda JASA????????

 

8 thoughts on “Apa Kabarmu Guru Tidak Tetap (GTT)

  1. memang sangat memprihatinkan nasib GTT.. semoga pemerintah mau membuka mata dan hati untuk lebih memperhatikan kesejahteraan GTT

  2. Sungguh malang memang nasib ku ( guru GTT ) mengabdi selama 10 th cm dapat upah Rp. 100.000/bln itu pun g cukup buat beli bensinnya ….. apalagi buat biaya hidup sehari – hari …. wahai kau sang penolong …. datanglah bantu aku …..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s